CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PAI

Profil 1:

Pendidik PAI di sekolah dan madrasah

Profil 2:

Desainer Pembelajaran PAI

Profil 3:

Peneliti Bidang PAI

Profil 4:

Pendidik yang memiliki kemampuan leadership di lembaga pendidikan Islam

Sikap dan Tata Nilai

bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

 

 

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 Keterampilan Khusus

 

 

 

 

Menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta sebagai manusia pembelajar dan mengaktualisasikan fitrah keberagamaannya dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;

 

Mendesain perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat;

 

Mendesain media, alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

 

Mendesain model pembelajaran yang kolaboratif, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

 

Mendesaian penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;

 

Mendesain penelitian berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk menyelesaikan masalah dan menjawab tantangan PAI;

 

 

 

Menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;

 

Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat;

Mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrukurikuler, korikuler dan nonkurikuler di sekolah/madrasah.

Mengelola lembaga pendidikan Islam formal (madrasah) dan nonformal (pesantren dan madrasah diniyah) sesuai dengan teori-teori manajemen pendidikan.

 

 

 Pengetahuan

 

 

 

 

Menganalisis berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

Menganalisis karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

Menganalisis teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan al-qur an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

 

 

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

 

 

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan ushul fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

 

 

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sejarah kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

 

 

Menganalisis teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

 

 

Menganalisis teori kepemimpinan dan manajemen pendidikan Islam untuk mengelola lembaga pendidikan Islam baik formal (madrasah) maupun nonformal (pesantren atau madrasah diniyah).

 

 

 

Menerapkan teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif;

 

Menganalisis konsep pendidikan Islam dalam keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan generasi yang beriman, cerdas dan shaleh.

 

 

Menerapkan konsep desain perencanaan pembelajaran baik yang berkenaan dengan model pembelajaran maupun penyusunan sumber belajar dengan pendekatan ilmiah dan berbasis IT.

 

Menerapkan teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI lembaga formal (sekolah/madrasah) nonformal (masyarakat) dan keluarga

 

 

 

Menganalisis teori tentang hakikat dan kompetensi pendidik di lembaga pendidikan formal, nonformal dan informal dalam perspektif pendidikan dan Islam.

 

 

Memahami kaidah bahasa Arab sebagai ilmu alat dalam mengembangakan kajian Pendidikan Agama Islam.

 

 

Menganalisis kebijakan dan isu-isu kontemperor tentang pendidikan Islam baik lokal, nasional maupun global.

 

Selanjutnya, capaian pembelajaran yang telah dirumuskan juga disesuaikan dengan beberapa pilar dalam UNESCO seperti dalam tabel berikut:

No

CAPAIAN PEMBELAJARAN

To KNOW

To DO

To BE

To LIVE TOGE-THER

teori, konsep teoritis,prinsip

Psiko-motor

soft skills

soft skills social

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

SIKAP DAN TATA NILAI

1

bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3

berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4

berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5

menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6

bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7

taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8

menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9

menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10

menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KETERAMPILAN UMUM

1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6

Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

1

Menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;

2

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta sebagai manusia pembelajar dan mengaktualisasikan fitrah keberagamaannya dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;

3

Mendesain perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat;

4

Mendesain media, alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

5

Mendesain model pembelajaran yang kolaboratif, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

6

Mendesaian penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;

7

Mendesain penelitian berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk menyelesaikan masalah dan menjawab tantangan PAI;

8

Menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;

 

9

Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat;

 

10

Mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrukurikuler, korikuler dan nonkurikuler di sekolah/madrasah.

11

Mengelola lembaga pendidikan Islam formal (madrasah) dan nonformal (pesantren dan madrasah diniyah) sesuai dengan teori-teori manajemen pendidikan.

 

PENGETAHUAN

1

Menganalisis berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

 

2

Menganalisis karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

3

Menganalisis teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

4

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan al-qur an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

5

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

6

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan ushul fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

7

Menelaah substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sejarah kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;

 

8

Menganalisis teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

 

9

Menganalisis teori kepemimpinan dan manajemen pendidikan Islam untuk mengelola lembaga pendidikan Islam baik formal (madrasah) maupun nonformal (pesantren atau madrasah diniyah).

10

Menerapkan teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif;

11

Menganalisis konsep pendidikan Islam dalam keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan generasi yang beriman, cerdas dan shaleh.

12

Menerapkan konsep desain perencanaan pembelajaran baik yang berkenaan dengan model pembelajaran maupun penyusunan sumber belajar dengan pendekatan ilmiah dan berbasis IT.

13

Menerapkan teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI lembaga formal (sekolah/madrasah) nonformal (masyarakat) dan keluarga

14

Menganalisis teori tentang hakikat dan kompetensi pendidik di lembaga pendidikan formal, nonformal dan informal dalam perspektif pendidikan dan Islam.

15

Memahami kaidah bahasa Arab sebagai ilmu alat dalam mengembangakan kajian Pendidikan Agama Islam.

16

Menganalisis kebijakan dan isu-isu kontemperor tentang pendidikan Islam baik lokal, nasional maupun global.