CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PAI |
Profil 1: Pendidik PAI
di sekolah dan madrasah |
Profil 2: Desainer
Pembelajaran PAI |
Profil 3: Peneliti
Bidang PAI |
Profil 4: Pendidik
yang memiliki kemampuan leadership di lembaga pendidikan Islam |
Sikap dan Tata Nilai |
||||
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
menunjukkan sikap religius; |
√ |
√ |
√ |
√ |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
√ |
√ |
√ |
√ |
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila; |
√ |
√ |
√ |
√ |
berperan sebagai warga negara yang bangga dan
cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara
dan bangsa; |
√ |
√ |
√ |
√ |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
√ |
√ |
√ |
√ |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial
serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
√ |
√ |
√ |
√ |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara; |
√ |
√ |
√ |
√ |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik; |
√ |
√ |
√ |
√ |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
√ |
√ |
√ |
√ |
menginternalisasi semangat kemandirian,
kejuangan, dan kewirausahaan. |
√ |
√ |
√ |
√ |
Keterampilan Umum |
||||
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang keahliannya |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan
terukur |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan
etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik
seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau
laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian
tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam
konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil
analisis informasi dan data; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan
kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar
lembaganya; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil
kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian
pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah
tanggungjawabnya; |
√ |
|
|
√ |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap
kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola
pembelajaran secara mandiri; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi. |
√ |
√ |
√ |
√ |
Keterampilan
Khusus |
|
|
|
|
Menerapkan kurikulum mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan
prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Memfasilitasi pengembangan potensi
peserta sebagai manusia pembelajar dan mengaktualisasikan fitrah
keberagamaannya dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat; |
√ |
√ |
√ |
|
Mendesain perangkat pembelajaran
Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah
secara baik dan tepat; |
√ |
√ |
√ |
|
Mendesain media, alat dan bahan ajar
pembelajaran Pendidikan Agama Islam; |
√ |
√ |
√ |
|
Mendesain model pembelajaran yang
kolaboratif, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
√ |
|
Mendesaian penilaian dan evaluasi
proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta
mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran; |
√ |
√ |
√ |
|
Mendesain penelitian berdasarkan
prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk menyelesaikan masalah dan
menjawab tantangan PAI; |
|
|
√ |
|
Menerapkan langkah-langkah pengembangan
keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam
kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar; |
√ |
√ |
√ |
|
Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam
pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di
komunitas akademik maupun dan di masyarakat; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mengelola pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrukurikuler, korikuler dan
nonkurikuler di sekolah/madrasah. |
√ |
√ |
√ |
√ |
Mengelola lembaga pendidikan Islam
formal (madrasah) dan nonformal (pesantren dan madrasah diniyah) sesuai
dengan teori-teori manajemen pendidikan. |
|
|
√ |
√ |
Pengetahuan |
|
|
|
|
Menganalisis berbagai konsep teoritis
dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan
dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
√ |
√ |
√ |
√ |
Menganalisis karakteristik peserta
didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan
intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Menganalisis teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
√ |
√ |
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan
al-qur an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
|
|
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan
akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
|
|
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan ushul
fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
|
|
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan sejarah
kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
|
|
Menganalisis teori pengembangan
kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
|
|
Menganalisis teori kepemimpinan dan
manajemen pendidikan Islam untuk mengelola lembaga pendidikan Islam baik
formal (madrasah) maupun nonformal (pesantren atau madrasah diniyah). |
|
|
|
√ |
Menerapkan teori kewirausahaan dalam
pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
yang kreatif dan inovatif; |
|
√ |
√ |
√ |
Menganalisis konsep pendidikan Islam
dalam keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan generasi yang beriman, cerdas
dan shaleh. |
|
|
√ |
√ |
Menerapkan konsep desain perencanaan
pembelajaran baik yang berkenaan dengan model pembelajaran maupun penyusunan
sumber belajar dengan pendekatan ilmiah dan berbasis IT. |
√ |
√ |
√ |
|
Menerapkan teori penelitian bidang
Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI
lembaga formal (sekolah/madrasah) nonformal (masyarakat) dan keluarga |
|
|
√ |
|
Menganalisis teori tentang hakikat dan
kompetensi pendidik di lembaga pendidikan formal, nonformal dan informal
dalam perspektif pendidikan dan Islam. |
√ |
|
|
√ |
Memahami kaidah bahasa Arab sebagai
ilmu alat dalam mengembangakan kajian Pendidikan Agama Islam. |
√ |
|
√ |
|
Menganalisis kebijakan dan isu-isu
kontemperor tentang pendidikan Islam baik lokal, nasional maupun global. |
√ |
√ |
√ |
√ |
Selanjutnya, capaian pembelajaran yang telah
dirumuskan juga disesuaikan dengan beberapa pilar dalam UNESCO seperti dalam
tabel berikut:
No |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
To KNOW |
To DO |
To BE |
To LIVE TOGE-THER |
teori, konsep
teoritis,prinsip |
Psiko-motor |
soft skills |
soft skills social |
||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
SIKAP DAN TATA NILAI |
|||||
1 |
bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
√ |
√ |
√ |
√ |
2 |
menjunjung tinggi
nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
√ |
√ |
√ |
√ |
3 |
berkontribusi dalam
peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan
peradaban berdasarkan Pancasila; |
√ |
√ |
√ |
√ |
4 |
berperan sebagai warga
negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
√ |
√ |
√ |
√ |
5 |
menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain; |
√ |
√ |
√ |
√ |
6 |
bekerja sama dan
memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
√ |
√ |
√ |
√ |
7 |
taat hukum dan
disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
√ |
√ |
√ |
√ |
8 |
menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik; |
√ |
√ |
√ |
√ |
9 |
menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
√ |
√ |
√ |
√ |
10 |
menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
√ |
√ |
√ |
√ |
KETERAMPILAN UMUM |
|||||
1 |
Mampu menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan
atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
√ |
√ |
√ |
√ |
2 |
Mampu menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
√ |
√ |
√ |
√ |
3 |
Mampu mengkaji
implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil
kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya
dalam laman perguruan tinggi; |
√ |
√ |
√ |
√ |
4 |
Menyusun deskripsi
saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan
tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
√ |
√ |
√ |
√ |
5 |
Mampu mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
√ |
√ |
√ |
√ |
6 |
Mampu memelihara dan
mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di
dalam maupun di luar lembaganya; |
√ |
√ |
√ |
√ |
7 |
Mampu bertanggungjawab
atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi
terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di
bawah tanggungjawabnya; |
√ |
√ |
√ |
√ |
8 |
Mampu melakukan proses
evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
√ |
√ |
√ |
√ |
9 |
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
√ |
√ |
√ |
√ |
KETERAMPILAN KHUSUS |
|||||
1 |
Menerapkan kurikulum mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan
prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum; |
√ |
√ |
√ |
√ |
2 |
Memfasilitasi pengembangan potensi
peserta sebagai manusia pembelajar dan mengaktualisasikan fitrah
keberagamaannya dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat; |
√ |
√ |
√ |
√ |
3 |
Mendesain perangkat pembelajaran
Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah
secara baik dan tepat; |
√ |
√ |
√ |
√ |
4 |
Mendesain media, alat dan bahan ajar
pembelajaran Pendidikan Agama Islam; |
√ |
√ |
√ |
√ |
5 |
Mendesain model pembelajaran yang
kolaboratif, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
√ |
√ |
6 |
Mendesaian penilaian dan evaluasi
proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta
mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran; |
√ |
√ |
√ |
√ |
7 |
Mendesain penelitian berdasarkan
prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk menyelesaikan masalah dan
menjawab tantangan PAI; |
√ |
√ |
√ |
√ |
8 |
Menerapkan langkah-langkah pengembangan
keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam
kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar; |
|
√ |
√ |
√ |
9 |
Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam
pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di
komunitas akademik maupun dan di masyarakat; |
|
√ |
√ |
√ |
10 |
Mengelola pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrukurikuler, korikuler dan
nonkurikuler di sekolah/madrasah. |
√ |
√ |
√ |
√ |
11 |
Mengelola lembaga pendidikan Islam
formal (madrasah) dan nonformal (pesantren dan madrasah diniyah) sesuai
dengan teori-teori manajemen pendidikan. |
|
√ |
√ |
√ |
PENGETAHUAN |
|||||
1 |
Menganalisis berbagai konsep teoritis
dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan
dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
√ |
|
√ |
√ |
2 |
Menganalisis karakteristik peserta
didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan
intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
√ |
√ |
3 |
Menganalisis teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah; |
√ |
√ |
√ |
√ |
4 |
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan
al-qur an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
√ |
√ |
5 |
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan
akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
√ |
√ |
6 |
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan ushul
fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
√ |
√ |
7 |
Menelaah substansi materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan sejarah
kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam; |
√ |
|
√ |
√ |
8 |
Menganalisis teori pengembangan
kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah; |
√ |
|
√ |
√ |
9 |
Menganalisis teori kepemimpinan dan
manajemen pendidikan Islam untuk mengelola lembaga pendidikan Islam baik
formal (madrasah) maupun nonformal (pesantren atau madrasah diniyah). |
√ |
√ |
√ |
√ |
10 |
Menerapkan teori kewirausahaan dalam
pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
yang kreatif dan inovatif; |
√ |
√ |
√ |
√ |
11 |
Menganalisis konsep pendidikan Islam
dalam keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan generasi yang beriman, cerdas
dan shaleh. |
√ |
√ |
√ |
√ |
12 |
Menerapkan konsep desain perencanaan
pembelajaran baik yang berkenaan dengan model pembelajaran maupun penyusunan
sumber belajar dengan pendekatan ilmiah dan berbasis IT. |
√ |
√ |
√ |
√ |
13 |
Menerapkan teori penelitian bidang
Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI
lembaga formal (sekolah/madrasah) nonformal (masyarakat) dan keluarga |
√ |
√ |
√ |
√ |
14 |
Menganalisis teori tentang hakikat dan
kompetensi pendidik di lembaga pendidikan formal, nonformal dan informal
dalam perspektif pendidikan dan Islam. |
√ |
√ |
√ |
√ |
15 |
Memahami kaidah bahasa Arab sebagai
ilmu alat dalam mengembangakan kajian Pendidikan Agama Islam. |
√ |
√ |
√ |
√ |
16 |
Menganalisis kebijakan dan isu-isu
kontemperor tentang pendidikan Islam baik lokal, nasional maupun global. |
√ |
√ |
√ |
√ |