Bahan Kajian dan Mata Kuliah
BAHAN KAJIAN |
SUB BAHAN KAJIAN |
MATA KULIAH |
A.
KURIKULUM |
Sejarah perkembangan kurikulum |
Pengembangan Kurikulum |
Komponen-komponen kurikulum |
||
Kurikulum pembelajaran |
||
Model pengembangan kurikulum PAI |
||
Konsep dasar telaah kurikulum |
Telaah Kurikulum PAI |
|
Permasalahan Kurikulum |
||
Telaah Kurikulum PAI di Sekolah |
||
Telaah Kurikulkukm
Madrasah |
||
B.
KAJIAN PSIKOLOGI DAN PESERTA DIDIK |
Konsep dasar psikologi |
Psikologi Umum |
Psikologi perkembangan |
||
Aktivitas Psikis Manusia |
||
Interaksi Individu dengan Lingkungan |
||
Konsep dasar psikologi pendidikan |
Psikologi Pendidikan |
|
Konsep belajar |
||
Teori-teori belajar |
||
Problematika belajar |
||
Psikologi pendidikan dalam Islam |
||
Konsep dasar psikologi agama |
Psikologi Agama |
|
Hubungan psikologi agama dengan PAI |
||
Tahap perkembangan psikologi agama |
||
Konsepdasar BK di Sekolah |
Bimbingan Konseling Islam |
|
Konsep BK dalam Islam |
||
Guru PAI sebagaikonselor |
||
C.
PERANGKAT PEMBELAJARAN |
Konsep dasar desainpembelajaran |
Disain Pembelajaran PAI |
Model-model desain pembelajaran |
||
Menyusun perangkat pembelajaran (prota, promes, kalander
pendidikan, KKM, silabus, dan RPP) |
||
D.
MEDIA, ALAT DAN BAHAN AJAR PAI |
Konsepdasar media dan sumber belajar |
Media dan Sumber Belajar PAI |
Pemanfaatan media dan IT dalam pembelajaran PAI |
||
Hardware dansoftware dalampembelajaran PAI |
||
E.
METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI |
Hakikat pendekatan, strategi, metode, teknik dan taktik dalam
pembelajaran |
Metodologi Pendidikan Agama Islam |
Macam-macam metode pembelajaran dalam Alquran |
||
Macam-macam metode pembelajaran dalam Hadis |
||
Kelebihan dan Kekurangan metode PAI |
||
Praktik penerapan metode
pembelajaran PAI |
||
Konsep dasar strategi pembelajaran PAI |
Strategi Pembelajaran |
|
Strategi pembelajaran eksposisi |
||
Strategi pembelajaran discovery |
||
F.
EVALUASI PENDIDIKAN |
Konsep dasar evaluasi pendidikan |
Evaluasi Pendidikan Agama Islam |
Instrument tes |
||
Insrumen non tes |
||
Kualitas dan Kuantitas tes |
||
Desain penilaian pembelajaran |
||
G.
PENELITIAN PENDIDIKAN |
Ketentuan pokok penggunaan statistic parametric dan
nonparametric |
Statistik Pendidikan |
Pengenalan SPSS |
||
Statistik deskriptif |
||
Analisis komparasional dan korelasional |
||
Implementasi statistik dalam pendidikan |
||
Penelitian kuantitatif |
Metodologi Penelitian |
|
Penelitian kualitatif |
||
Implementasi penelitian dalam pendidikan |
||
Penelitian Kualitatif PAI |
Metodologi Penelitian PAI |
|
Penelitian Kuantitatif PAI |
||
Penelitian Kepustakaan PAI |
||
Isu research |
SKRIPSI (Kompre) |
|
Seminar proposal |
||
Desain penelitian |
||
Pengumpulan data |
||
Pengolahan Data |
||
Hasil Penelitian |
||
Ujian Komprehensif |
||
Munaqasyah |
||
Publikasi |
||
H.
HAKIKAT PENDIDIK |
Hakikat guru professional |
Etika dan Profesi Keguruan |
Kode etik guru |
||
Kompetensi guru |
||
Keterampilan dasar yang dimiliki guru |
||
I.
ILMU ALAT |
Qawaid |
Qira'atul Kutub |
praktik membaca |
||
Fahmul Maqru' |
||
praktik menerjemah |
||
Nahu |
Qira ah wa kitabah |
|
Sharf |
||
Praktik Nahwu |
||
Praktik Sharaf |
||
J.
PRAKTIK MENGAJAR |
Persiapan perencanaan micro teaching |
Micro Teaching |
Pelaksanaan micro teaching |
||
Refleksi pelaksanaan micro teaching |
||
Pelaporan Micro teaching |
||
Persiapan PPL |
PPL |
|
Persiapan KKN |
||
Pelaksanaan PPL |
||
Pelaksanaan KKN |
||
Pelaporan PPL |
||
Pelaporan KKN |
||
K.
KAJIAN PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN ISLAM |
Konsep dasar pendidikan |
Dasar-dasar Kependidikan |
Hakikat manusia |
||
Hakikat pendidikan |
||
Landasandan asas pendidikan |
||
Komponen-komponenpendidikan |
||
System pendidikan nasional |
||
Konsep dasar pendidikan inklusi |
Pendidikan Inklusi |
|
Ciri-ciri peserta didik berkebutuhan khusus |
||
Metode pembelajaran pada peserta didik berkebutuhan khusus |
||
Pendidikan Inklusi di Sekolah |
||
Pendidikan Inklusi di
Madrasah |
||
Implementasi PAI pada pendidikan inklusi |
||
Teori dan aspek-aspek sosiologi dalam pendidikan |
Sosiologi Pendidikan |
|
Aliran-aliran sosiologi pendidikan |
||
Implementasi sosiologi dalam pendidikan |
||
Konsep dasar pendidikan Islam |
Ilmu Pendidikan Islam |
|
Pendidikan dalam al-Quran
danHadis |
||
Pendidikan Islam sebagai suatu system |
||
Posisi pendidikan Islam dalam Sisdiknas |
||
Filsafat manusia |
Filsafat Pendidikan Islam |
|
Aliran-aliran Filsafat Pendidikan Islam |
||
Analisis Filosofis Komponen2 Pend. Islam |
||
Pemikiran para filosof muslim tentang pendidikan |
||
Sejarah pendidikan Islam era klasik |
Sejarah Pendidikan Islam |
|
Sejarah pendidikan Islam era modern |
||
Sejarah pendidikan Islam di Indonesia |
||
Lembaga pendidikan di era klasik dan modern |
||
Profil Keluarga Samara |
Pendidikan Keluarga |
|
Kewajiban orang tua terhadap anak |
||
Pendidikan qabla an-nikah |
||
Pendidikan ba da an-nikah |
||
L.
PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH/ MADRASAH |
Konsep dasar pembelajaran Alquran Hadis |
Pembelajaran Al-Quran Hadist di Madrasah dan sekolah |
Materi Alquran Hadis di sekolah dan madrasah |
||
Analisis buku teks guru dan siswa |
||
Model pembelajaran Alquran Hadis |
||
Desain perangkat pembelajaran Alquran Hadis |
||
Konsep dasar pembelajaran Akidah Akhlak |
Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah dan Sekolah |
|
Materi Akidah Akhlak di sekolah dan madrasah |
||
Analisis buku teks guru dan siswa |
||
Model pembelajaran Akidah Akhlak |
||
Desain perangkat pembelajaran Akidah Akhlak |
||
Konsep dasar pembelajaran fiqh |
Pembelajaran Fiqh di Madrasah dan sekolah |
|
Materi Fiqh di sekolah dan madrasah |
||
Analisis buku teks guru dan siswa |
||
Model pembelajaran Fiqh |
||
Desain perangkat pembelajaran Fiqh |
||
Konsep dasar pembelajaran SKI |
Pembelajaran SKI di Madrasah dansekolah |
|
Materi SKI di sekolahdan madrasah |
||
Analisis buku teks guru dan siswa |
||
Model pembelajaran SKI |
||
Desain perangkat pembelajaran SKI |
||
M.
KAJIAN AL-QURAN HADIS |
Tafsir ayat-ayat aqidah |
Tafsir |
Tafsir ayat-ayat ibadah |
||
Tafsir ayat-ayat akhlak |
||
Hadis tentang aqidah |
Hadis |
|
Hadis tentang ibadah |
||
Hadis tentang akhlak |
||
Konsep dasar tafsir tarbawi |
TafsirTarbawi |
|
Model penelitian tafsir tarbawi |
||
Tafsir tentang ayat-ayat pendidikan |
||
Konsep dasar hadis tarbawi |
HadisTarbawi |
|
Model penelitian hadis tarbawi |
||
Hadis-hadis tentang pendidikan |
||
Makhraj, Shifat wa Ahkamul Huruf |
Tahsinul Quran |
|
Mad wal Qashar |
||
Waqaf wal Ibtida' |
||
gharib wa musykilat |
||
Tilawah Alquran |
Pendidikan Baca Tulis Alquran |
|
Tahfizh Alquran |
||
Irama Murattal |
||
Teknik Khath Naskhi |
||
N.
AKIDAH ISLAMIYAH |
eksistensi ketuhanan |
IlmuTauhid |
Kenabian |
||
hubungan manusia dengan Tuhan |
||
perbuatan manusia |
||
Akhlak mahmudah dan mazmumah |
Akhlak Tasauf |
|
Konsep tasauf |
||
Sufi dan ajarannya |
||
tasauf sebagai pengembang spritualitas Islam |
||
O.
ILMU FIQH DAN USHUL FIQH |
Konsep dasar fiqh ibadah |
Fiqh Ibadah |
Fiqh ibadah Mahdhah |
||
Fiqh ibadah ghaira Mahdhah |
||
Praktik Ibadah Mahdhah |
||
Praktik Ibadah Ghairu Mahdhah |
||
Sumber dan dalil hukum Islam |
Ushul Fiqh |
|
Konsep dasar ushul fiqh |
||
Ruang lingkup ushul fiqh |
||
Metode ijtihad |
||
Qawaid ushuliyah dan fiqhiyah |
||
Konsep dasar fiqh muamalah dan munakahat |
Fiqh Muamalah dan Munakahat |
|
Kajian Fiqh Muamalah |
||
Kajian Fiqh Munakahat |
||
Kaidah fiqh munakahah |
Fiqh Mawaris, Jinayah dan Siyasah |
|
Kaidah fiqh mawaris |
||
Kaidah fiqh jinayah |
||
Kaidah fiqh siyasah |
||
periodesasi penetapan hukum Islam |
Tarekh Tasyrik |
|
periodesasi pengembangan hukum Islam |
||
implementasi tarekh tasyrik dalam fiqh |
||
Konsep dasar perbandingan mazhab |
Perbandingan Mazhab |
|
Perbandingan ibadah mahdhah |
||
perbandingan muamalah |
||
Konsep dasar masailul fiqh |
Masailul Fiqh |
|
fiqh kontemporer bidang ibadah |
||
fiqh kontemporer bidang muamalah |
||
P.
MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Konsep dasar administrasi dan manajemen |
Administrasi Pendidikan |
Fungsi-fungsi manajemen |
||
Jenis-jenis administrasi di sekolah/madrasah |
||
Impelementasi manajemen dalam pendidikan |
||
Konsep dasar manajemen pendidikan |
Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
|
Konsep dasar supervisi
pendidikan |
||
Supervisiak ademik |
||
Supervisi manajerial |
||
Kepemimpinan pendidikan |
||
Q.
KEWIRAUSAHAAN |
Kepercayaan diri |
Enterpreneurship Pendidikan |
Kemadirian |
||
Usaha kecil dan menengah |
||
Life skill |
||
R.
PENDIDIKAN KONTEMPORER |
Isu-isu PAI kontemporer |
Kapita Selekta Pendidikan Islam |
Kebijakan pendidikan Islam di Indonesia |
||
Inovasi PAI |
||
Perbandingan pendidikan di Negara maju |
Perbandingan Pendidikan |
|
Perbandingan pendidikan di Negara berkembang |
||
Perbandingan pendidikan di dunia Islam |